Open Your Mind!

Stats



Thanks for visited

Cara Flash Ganti ROM MI 4 LTE CT ke Global Stable

70 comments

TUTORIAL FLASHING XIAOMI MI 4 LTE CT KE GLOBAL STABLE

(Image src: google.com)
Jadi waktu pertama kali beli Xiaomi Mi 4 LTE yang versi 2GB RAM & 16 Internal Storage, ane sudah menduga bakal dapat ROM Distributor alias Abal-abal. ROM yang ane dapat saat keluar dari kardus yaitu versi 7.1.5.0.0, sudah jelas abal-abal karena yang asli hanya ada 4 digit (misal 7.1.2.0). Nah kebetulan ane dapet Mi 4 LTE yang versi CT, yaitu yang agak ribet buat diganti ke ROM Global. Yap! Mi4 LTE-CT tetap bisa menggunakan ROM Global, hanya cara flashingnya tidak bisa menggunakan recovery bawaan. Disini ane bakal share cara yang ane pakai saat flashing  ke ROM Global Stable. Proses flashingnya sangatlah mudah jika agan sudah install TWRP.

Point Flashingnya adalah:
1. Install custom recovery TWRP versi terbaru di Mi4 agan. Kalo agan belum install TWRP dan belum tau cara instalnya bisa liat dipostingan ane sebelumnya disini [Cara Install TWRP Recovery dengan PC] [Direct Link to Download TWRP.zip for Mi4 Cancro]
2. Download ROM Global Stable untuk Mi 4. (Karena ROM Distri depannya 7.1.x.x.x, maka download Rom Global Stable yang depannya 7.1 juga)
*Link Global Stable 7.1.2.0 bisa di download disini (disini nih gan) download yang Recovery ya, bukan yang Fastboot.
COPY File ROM Global Stable ke Internal Memory, tidak perlu dimasukan ke folder manapun, PASTE saja di internalnya.


WARNING! 
DO WITH YOUR OWN RISK AND READ CAREFULY!
SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB APABILA TERJADI KERUSAKAN PADA DEVICE ANDA!
TUTORIAL DIBAWAH INI SUDAH SAYA LAKUKAN DAN BERHASIL!

Oke jadi ane anggap agan sudah memiliki TWRP di HP agan, siapkan mental aaaannndd let's get started!
PASTIKAN BATERAI MINIMAL ATAU DIATAS 60%



1. Matikan HP, boot ke TWRP dengan cara tekan tombol Power + Volume UP sampai muncul logo Mi dan masuk ke mode Recovery seperti gambar. Jika agan baru saja memasang TWRP, maka akan muncul warning, di swipe aja sampai muncul Menunya.


2. Biasakan membuat BACKUP sebelum flashing karena bisa saja terjadi hal-hal yg tidak diinginkan. Dengan adanya Backup kita bisa Restore (mengembalikan) system yg sebelumnya telah dibackup. Pilih Backup, centang semua, lalu Swipe. Tunggu sampai selesai


3. Kembali ke menu, pilih WIPE > Advanced Wipe > centang Dalvik, Cache, Data (System tidak usah dicentang) > SWIPE. Atau langsung saja WIPE > Swipe. Proses ini berjalan sangat cepat.


4. Pilih Install > cari dan pilih file ROM Global Stable 7.1.2.0 > tidak perlu centang 2 opsi yg muncul > SWIPE. Tunggu hingga selesai.


5. Setelah proses flashing selesai, WIPE lagi Dalvik & Cache.

6. Lalu Reboot to System. Proses reboot akan memakan waktu cukup lama yaitu 10-15 menit.

7. ROM Global siap digunakan.


Sekarang agan sudah berhasil migrasi ke ROM Global Stable 7.1.2.0 namun masih berbasis Android KitKat 4.4
Nah untuk mengupgrade ke versi Android 6.0 Marshmallow yg Stable juga tidak mudah jika agan dari rom Global Stable, mungkin jika sempat ane bakal share cara upgrade ke Marshmallow dan ke MIUI 8 Alpha. Silahkan share tulisan ini ke teman atau ke forum agan, jangan lupa sertakan credit blog ane disana :)

70 comments :

  1. Bang sy sdh coba tutorial diatas beberapa kali tapi kok tetep ya masih di rom distributor 7.1.99.99 hasilnya,kira2 knpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flash ROMnya pake TWRP apa ngga gan?

      Delete
    2. sama gan, udah ngikutin tutorial persis, tetep ga berubah

      Delete
    3. Gini caranya agan flash dulu pakek frimware china stable v.9.5.3, selanjutnya agan instal twrp nya lalu flash pakek frimware global stable v7,1,2 diatas. gue uda sucses.

      Delete
    4. flash china stable nya pakek fastboot, baru flash global stable v7.1.2.0 nya pakek twrp diatas.

      Delete
  2. sebelmnya thanks for sharing

    skln nanya kalo "ngakalinnya" tanpa wipe system gini. berarti klo install rom miui.eu mi4 biasa bisa juga kali ya? pengen nyoba tapi pnya orang :(

    mngkin owner bisa test drive :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bisa! Ane sendiri setelah dari rom distri ngga ke rom global, dari awal ane make rom EU sampe saat ini pake EU. Saat ini ane make MIUI 8 EU Marshmallow, nah kalo agan mau pake EU yang basis MM (Marshmallow) agan harus diposisi ROM China 7.3.2.0 dulu karena kalo dari ROM Global / Distri pasti gagal di TWRPnya akan muncul tulisan "Error 7 bla..bla.." dikarenakan baseband di KK (kitkat) masih versi 3.0, sedangkan untuk MM baseband harus 4.0.

      Mungkin nanti ane buatin tutorial ke ROM EU mulai dari rom Distri :)

      Delete
  3. Gan untuk tahu MI4 bertipe LTE-CT atau LTE-CU bagaimana yah? Apakah informasi yang disebutkan seperti kode produksi tercantum pada dus MI4? atau memang harus dicek langsung ke devicenya? Saya ada rencana meminang smartphone ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kode produksinya gan dibelakang dus. Pokoknya kalo ekor 19 dia CU, kalo 16 atau 26 dia CT.

      Delete
  4. Gan mau tanya...
    Service saya mi4 lte-cu, rom bawaannya miui 7.00.55.00 KXDMICI.
    aku udah flash rom punya miui.eu kok selalu gagal...dan error 7
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jdi ini ga usah pke pc dong?

      Delete
    2. Jdi ini ga usah pke pc dong?

      Delete
    3. Agan mau ke rom EU yg versi brp? Kalo agan dari rom distri yg 7.0 ga bisa langsung ke 7.3 EU. Soalnya 7.0 masih kitkat, sedangkan 7.3 udh Marshmallow. Tips dari ane download dulu rom Cina yang 7.0 dan 7.3. Lalu flash 7.0 cina via TWRP, setelah berhasil flash rom 7.3 cina via updater (choose update package). Setelah berhasil baru deh agan aman ke EU 7.3 keatas tanpa error 7

      Delete
  5. Gan rom di atas suport buat mi4 lte CU ngg...
    Puny ane CU...

    Mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu deh gan seharusnya sih bisa karena codenamenya masih sama-sama Cancro.

      Delete
  6. Gan minta pencerahannya dong buat install Rom MM Global. Ane skrg di Kitkat Global gan

    ReplyDelete
  7. sangat berterima kasih... sangat membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  8. Gan... aku dah ngikut tutorial diatas.. tapi pake TWRP bawaan.. tetap pas update bàru 10% langsung error.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. Gan... aku dah ngikut tutorial diatas.. tapi pake TWRP bawaan.. tetap pas update bàru 10% langsung error.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  10. Bang sy sdh coba tutorial diatas beberapa kali tapi kok tetep ya masih di rom distributor 7.1.99.99 hasilnya,kira2 knpa ya?

    udh pakai TWRP juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai fastboot flashnya jangan pakai lewat twrp. 99% work

      Delete
  11. Gan mhon bantuannya . Hp aq mi4lte-tc.mslhx d hp aq ga muncul saat mlkukan panggilan pdhl tembus tuh tlfn ku d hpnya org tp klo dia angkat ga ada suara ku. Trz klo org lain yg nlfn ke hp aq trmbus jg gan tp anehx d hp aq ga bunyi ga ada panggilan apapun. Knp tuh gan? Sya bru pkai hp ne sblan lbih jd blm ngerti mslh2nya. Mksh sblumx

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi romnya apa gan? coba flash rom lain aja.

      Delete
  12. Alhamdulillah 100% berhasil gan, makasih banyak atas petunjuknya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan, selamat menikmati rom official :)

      Delete
  13. Gann mau nanya, di MI4 saya MIUI versonnya : MIUI Global 7.1 | Stable 7.1.5.0.0 (KXGCNCK)... Itu artinya udah global atau abal abal? Makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih abal-abal gan. Yang official itu cuma 4 digit (7.1.5.0), yg di agan 5 digit (7.1.5.0.0). Ikutin cara ane diatas aja gan :)

      Delete
    2. gan.. twrp simpen aja gasah ganti nama in??.. HP dimatiin lalu masuk recovery mode yg power up button?? .. tuh lgsg muncul menu twrp??? and baru minang 7.5.1.0.0 persis ky enter list do kask*s bisa ganti ROM global to flash let PC.. alhmdllh dh kalo agan berhasil let recovery... angin segarrr!! nih posisi and udah ganti ROM China 7.1.4.0 gan to play store mental terus.. maw ikutin cr again..bntuanyy

      Delete
  14. abis flash global rom dr rom distri sinyal tau tau g muncul, keterangan no service. udah coba ganti ke china, coba moke, cm12 skarang miui 8 tp tetep g muncul sinyal. udah coba ganti sim lain tetep sama aja, prefered network ngelock di LTE ONLY di menu setting dan*#*#4636#*#*, jd g bs d ubah 3g/2g only gt.. bantuin kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan panik :)
      Coba flash dengan metode Fastboot gan. Dulu waktu temen pake redmi 2 pernah kayak gitu juga sinyalnya no service. Trus ane comot file modem redmi 2 dari file rom fastboot redmi 2, nama filenya NON-HLOS.bin trus ane flash pake adb minimal atau Mi Flash tool.
      Jadi menurut ane masih ada kemungkinan no signalnya sembuh dengan cara flash rom Fastboot. Silahkan dicoba :)

      Delete
    2. Satu kasus juga ni, di xiaomi mi4.
      Apa bisa flash file modemnya juga? Trus download file modem mi4 nya dmn kalo bisa?

      Please bantu gan. Thx

      Delete
  15. Gan ane download stabel global 7.1.2.0 kagak bisa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa gimana gan? Downloadnya dari hp atau komputer?

      Delete
  16. gan mau nanya flashing tanpa wipe system gtu aman ga?apaa engga bentrok nnt system nya stelah flashing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama ini ane flashing ga pernah wipe system dan aman2 aja. Ga pernah bentrok kok. Tapi kalo agan mau wipe system ya silahkan dicoba aja :)

      Delete
  17. thnks gan,, bantu banget,,, sempet kelewat 1 step,, hape ane ga ke backup... tp beres udah ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan haha. Lain kali kalo bisa dibackup dulu, kan ga tau kedepannya flashingnya berhasil atau gagal. Kalo internalnya ga cukup untuk backup, bisa colok usb otg saat flashing, pilih storagenya usb otg.

      Delete
  18. gan, pas install twrp, and tetep keep mi recovery, pas mau masuk twrp jadi susah, masuknya ke mi recovery terus. ada solusi gan?

    ReplyDelete
  19. Gan xiaomi saya yg mi4 ram 2gb 4G LTE bisa ga gan? Ini masih kitkat MIUI versionnya MIUI 7.0 | stable 7.1.00.55.00(KXDMICI) mau naikin ke marshmallow cek di updater belum ada, kalo bisa minta saran pake cara yg mana ya gan? Maaf masih pemula bgt

    ReplyDelete
  20. salam kenal gan, sy butuh bantuan nih gan sy pux mi4 lte-ct version marsmallow rom cina 7.5.5.0 stable. apa bisa sy pindah ke global rom yang basis marshmallow jg nih gan? mohon pencerahanx.. sblmx sy ucpkn trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya mau dari abal abal sampai rom china klo mau pindah ke global mau MIUI 8 /7 tinggal pake FASTBOOT beres.

      tapi dengan syarat ada script yang perlu dibuang.
      ikutin tutor dimari om http://en.miui.com/thread-303573-1-1.html

      sy dah coba ga ada masalah. boot pertama agak lama 20 menitan jangan panik :D

      jangan lupa drivernya dah keinstall di pc dulu. data data backup dulu. soalnya butuh flash ALL.

      Delete
  21. gan, mi4 lte ct ane kan ganti rom global kayak tutor agan. nah abis upgrade ke marshmallow kok twrp nya ganti ke stock recovery, terus ane instal lagi twrp recovery nya ga berhasil gan, tetep di stock. Mungkin agan punya solusi?

    ReplyDelete
  22. bro, tutorial diatas masih berlaku untuk sekarang gak y? soalnya sekarang kan sudah di lock dari xiaomi kalo mau flash? mohon pencerahany bagi yang tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banget bro, setahu saya Mi4 ga akan di lock. Soalnya mi4 kan device lama. Dulu saya make bulak balik rom ga pernah ke lock kok. Btw skrng saya pake redmi 3x.

      Delete
  23. Saya baru saja ganti rom china ke rom global stabil lewat update package tapi setelah itu kok jaringan selulernya nggak ada dan tidak ada tersedia jaringan selulernya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm udah coba di airplane mode dulu blm? kalo blm coba di flash via fastboot, soalnya file fastboot ada file buat config modemnya.

      Delete
  24. Alhamdulillah, saya berhasil ganti rom Mi 4 LE-CT ke versi global. Dari Android 4.4.4 dengan MIUI 66.44.44.00 sekarang menjadi Android versi 6 dengan MIUI 6.0.1 dengan MIUI global 7.5 stable. Terima kasih step by step instructions-nya gan. Kudos!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, sekarang dah bisa ke MIUI 8 versi terbaru tuh hehe

      Delete
  25. work gan, cuma sekarang mi4 ane jadi sering hank dan restar sendiri. ada saran gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejak upgrade ke Marshmallow ane juga ngerasa suka restart sendiri gan, menurut ane sih murni dari ROMnya yg masih bug. Btw ane sekarang dah ga make Mi4, sekarang make Redmi 3x.

      Delete
  26. Via pembaharuan lokal bisa gan joss udah setabil dan bisa di up ke miui 8 ga pake cara di atas

    ReplyDelete
  27. gan kalo mi4w yg ram 3gb apa bisa cara di atas

    ReplyDelete
  28. Makasih gan, hh sodara ane yg tadinya bootlop gatau kenapa. Setelah pake tutor di atas jadi work again. Matur nuhun🙏

    ReplyDelete
  29. TENKYUUU GAN WORKKKSSSSS :D

    ReplyDelete
  30. Saya sudah berhasil gen, mau tanya gimana cara root MiUI 7.1.2.0 mau saya hapus app yg tidak penting di system...

    ReplyDelete
  31. tu lewat TWRP ga bisa ya gan .posisi mi4 CT miui 7.5.5.0.0 MM mau upgrade ke miui 8.0.2.0?

    ReplyDelete
  32. Apa bisa langsung flash lewat TWRP dari Rom distributor?
    Sekalian mau tanya bisa gak klo dari Rom distributor 7.3 base MM ke Global Stable 8.1 lewat TWRP?

    ReplyDelete
  33. Terimakasih Gan, Artikelnya Sangat Membantu izin memperaktekanya..

    ReplyDelete
  34. gan kalau hpnya suka restar sendiri tu knpa ya?

    ReplyDelete
  35. cara upgrade android versi kitkat ke marsmelow MI4LTE-CT rom global gmna bang?

    ReplyDelete
  36. klu dari mium 7.0.0 upgrade ke 7.5 apakah bisa gan....? mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  37. gan hp saya ke kunci akun mi nah cara copy room nya gmna kn gk bisa masuk trus mi4 lte kn gk ada kartu external

    ReplyDelete