Open Your Mind!

Stats



Thanks for visited

Fitur-fitur Windows 10

No comments


Windows 10 merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pada tanggal 30 September 2014, dirilis pada 29 Juli 2015.


Tepat pada 29 Juli 2015 lalu, Microsoft Corp. mengumumkan bahwa Windows 10 secara resmi diluncurkan serentak di 190 negara, termasuk Indonesia sebagai free upgrade bagi pengguna PC dan tablet berbasis Windows 7 dan Windows 8.1 original.


Microsoft mengklaim kehadiran Windows 10 ini akan dilengkapi fitur-fitur yang familiar seperti kembalinya menu Start di pojok kiri dan Live Tiles untuk mengetahui update terkini secara instan. Selain itu, Windows terbaru ini dilengkapi beberapa inovasi yang menghadirkan pengalaman personal.


Jadi, haruskah kita upgrade?




Berikut adalah fitur-fitur yang ada di dalam OS terbaru besutan Microsoft ini:


1. Kembalinya sang START Menu


Windows 10 membawa kembali start menu yang telah hilang semenjak Windows 8 dan digantikan oleh layar penuh Start-screen yang sangat mengganggu. Jika Anda adalah pengguna Windows 7 ataupun Windows 8.1, maka Agan tentu akan gembira dengan start-menu dari Windows 10: karena kali ini, start menu hybrid menggabungkan antara Start menu versi Windows 7 dan Live-tiles dari Windows 8.1.


Mengikuti jejak Windows 8.1, pengguna dapat melihat langsung update terbaru dari orang-orang yang terdekatnya melalui Live Tiles tanpa harus membuka aplikasi.



2. CORTANA

(image src: www.cnet.com)
Cortana merupakan asisten digital pribadi yang sebelumnya eksklusif terdapat pada perangkat mobile milik Microsoft, Windows Phone. Namun kini, para pengguna PC dan tablet dapat menggunakan fitur ini langsung pada taskbar sistem operasi mereka.

Selain tombol Start Menu yang kembali hadir, Anda akan mendapatkan sebuah kolom pencarian yang terintegrasi langsung dengan Cortana. Di dalamnya, Anda dapat melakukan pencarian internet menggunakan Bing, mencari file di dalam hard drive Anda, atau menyimpan janji pertemuan pada aplikasi kalender yang Anda miliki. Anda juga dapat mengirim email dan meminta Cortana agar membacakan email tersebut.
Anda bisa melihat cara menggunakan Cortana di video berikut:




3. PROJECT SPARTAN atau Microsoft Edge

Internet Explorer sudah menemani Windows sejak pertama kali sistem operasi ini muncul. Namun kini, nampaknya Microsoft memutuskan untuk membuang browser tersebut dan membuat sebuah proyek baru yang dirancang dari nol. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan brand Internet Explorer yang sudah buruk di mata para netizen.


Browser ini memiliki tampilan yang bersih, serupa dengan browser dari Google, Chrome. Nantinya, Anda dapat masuk ke dalam mode note-taking yang memungkinkan anotasi pada webpage yang sedang Anda kunjungi. Spartan juga dapat bertindak sebagai sebuah aplikasi reader, karena browser ini akan langsung terintegrasi dengan fitur Reading Mode yang sudah ada sejak Windows 8. Dengan mode ini, meskipun Anda sedang tidak tersambung ke internet, Anda dapat tetap membaca konten sebuah website.


4. PC = XBOX

Windows 10 memasukkan sebuah aplikasi yang akan memberi Anda fitur-fitur yang ada di dalam Xbox One. Dengannya, Anda dapat mengirim dan membalas pesan melalui Xbox Live, dan melihat informasi-informasi Xbox lainnya.


Selain itu, Anda dapat melakukan stream game yang dimiliki di dalam Xbox langsung pada layar PC yang Anda miliki. Untuk dapat melakukan hal ini, Xbox dan PC yang Anda miliki harus berada dalam satu jaringan yang sama.


5. Notification Center

(img src www.techinasia.com)

Anda menyukai fitur pusat notifikasi yang biasa terdapat pada perangkat mobile? Anda akan menyukai fitur Notification Center dari Windows 10 ini. Dengan melakukan swipe dari sisi kanan layar (pada perangkat touchscreen), Anda akan masuk ke dalam sebuah hub yang berisi semua notifikasi Anda. Fitur ini serupa dengan fitur Notification Center yang terdapat pada sistem operasi OS X dari Apple.


Di dalam Notification Center ini juga, Anda dapat mengakses beberapa pengaturan seperti menyalakan dan mematikan wifi, atau lain sebagainya. Jika Anda terbiasa menggunakan Android dan menikmati fitur Quick Settings yang ada di dalam bar notifikasi, Anda akan menyukai fitur ini.



6. Windows Holographic

Anda pernah menonton film Minority Report dimana Tom Cruise yang berperan sebagai seorang polisi masa depan mengoperasikan sebuah komputer pintar dengan menggunakan sebuah layar besar dan gerakan tangan? Well, hal tersebut mungkin akan segera menjadi kenyataan.


Dengan bantuan sebuah alat khusus berupa headset, Anda dapat mengoperasikan Windows 10 menggunakan gerakan tangan berkat teknologi augmented reality. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Microsoft dengan sebuah developer aplikasi bernama HoloStudio.


7. Kombinasi software dan hardware untuk perusahaan

Dalam acara ini juga, Microsoft mengumumkan sebuah perangkat yang dinamakan Surface Hub. Perangkat yang ditenagai dengan Windows 10 ini memiliki ukuran layar sebesar 84 inci! Perangkat ini diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengisi ruang rapat dengan perangkat yang memudahkan mereka melakukan rapat.


Dilengkapi dengan sebuah layar sentuh, melakukan presentasi menjadi sangat mudah. Ditambah dengan fitur yang terdapat pada Windows 10, semua pegawai yang menggunakan komputer masing-masing dan ditenagai oleh sistem operasi Windows dapat saling berbagi file dan presentasi dengan mudah.




source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_10
http://industri.bisnis.com/read/20150802/105/458521/ini-dia-fitur-fitur-terbaru-windows-10
https://id.techinasia.com/windows-10-keynote-tambahan-fitur

No comments :

Post a Comment